Media Sebagai Pilar Ke-4 Demokrasi, Melengkapi Eksekutif, Legislatif, Dan Yudikatif

By Redaksi 06 Apr 2021, 14:12:19 WIB
Media Sebagai Pilar Ke-4 Demokrasi, Melengkapi Eksekutif, Legislatif, Dan Yudikatif

Keterangan Gambar : Dewan Pers Indonesia


Hallonusantara.com -  Sumedang, JABAR

Sumedang 06/04/2021 Media massa/ pers, merupakan suatu istilah yang mulai digunakan pada tahun 1920-an untuk mengistilahkan jenis media yang secara khusus di desain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. 

Dalam pembicaraan sehari-hari istilah ini sering disingkat menjadi media. Pers dalam arti sederhana adalah semua media dalam bentuk media cetak, baik itu majalah, koran, tabloid dan berbagai buletin di kantor, sedang dalam artian luas pers meliputi semua media massa seperti, televisi, radio, media cetak dan berbagai media online.

Baca Lainnya :

Media dapat dijuluki sebagai pilar ke-4 demokrasi, melengkapi eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Secara konseptual kebebasan pers ( freedom of the press ) yang merupakan hak yang diberikan oleh konstitusional atau perlindungan hukum yang diberikan dengan media dan bahan-bahan yang diperlukan seperti menyebarluaskan, percetakan dan menerbitkan surat kabar, majalah, buku atau material lainnya tanpa ada campur tangan atau perlakuan unsur dari pemerintah. Karena secara konseptual kebebasan pers ( freedom of the press ) akan memunculkan pemerintah yang cerdas, bijaksana dan bersih. Melalui kebebasan pers masyarakat akan dapat mengetahui berbagai peristiwa, termasuk kinerja pemerintahan, sehingga melahirkan check and balance kontrol terhadap kekuasaan maupun masyarakat sendiri.

Dengan kebebasan pers, media massa dimungkinkan untuk menyampaikan berupa informasi sehingga, memperkuat dan mendukung warga negara untuk berperan di dalam demokrasi atau disebut Civic Empowerment. (Agus/HN) 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment