Peringati World Rabies Day, Diskanak Sumedang Gelar Vaksinasi HPR Gratis

By Admin 05 Okt 2021, 12:24:42 WIB Kesehatan
Peringati World Rabies Day, Diskanak Sumedang Gelar Vaksinasi HPR Gratis

Keterangan Gambar : Peringati World Rabies Day, Diskanak Sumedang Gelar Vaksinasi HPR Gratis


Hallonusantara.com - Sumedang, JABAR

Dalam rangka memperingati hari rabies se-dunia, Pemkab Sumedang melalui Dinas Perikanan dan Peternakan ( Diskanak) Kabupaten Sumedang, melaksanakan gebyar vaksinasi gratis untuk Hewan Penular Rabies ( HPR ) dengan jumlah 1000 sasaran vaksin, yang tersebar di setiap UPTD perikanan dan peternakan se-kabupaten Sumedang, senin 04/10/2021.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan dini terhadap hewan yang rentan terpapar penyakit rabies seperti diantaranya, anjing, kucing dan kera, juga sebagai upaya mencegah penyakit yang dapat ditularkan hewan terhadap manusia.

Baca Lainnya :

Drh. Mursjid Abdullah kepala UPT Sumedang kota menyampaikan, bahwa vaksinasi ini dilakukan secara serentak yang dilaksanakan di 9 titik di wilayah se-kabupaten Sumedang dengan target 1000 dosis vaksin.

" kegiatan ini dalam rangka pencegahan dini, dan dalam rangka memperingati hari rabies se-dunia ", kata Drh. Mursjid.

Drh. Mursjid pun mengingatkan, bahwa masyarakat harus dapat mengenali kondisi atau gejala hewan yang terindikasi rabies, biasanya hewan yang takut akan cahaya/ sinar, juga takut air.

" Hewan juga menunjukkan gejala yang aneh seperti menggigit tanpa dipropokasi oleh manusia atau hewan lain, dengan kata lain hewan agresif ", tandasnya.

Drh. Mursjid pun menambahkan, apabila terjadi kasus gigitan pada manusia, yang pertama harus dilakukan adalah mencuci bekas gigitan dengan sabun dan bilas dengan air bersih, kemudian berikan alkohol atau obat luka/ betadine.

" Laporkan kejadian gigitan ke pelayanan kesehatan terdekat atau puskesmas ", pungkasnya.(Agus HD)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment