Hukum  

Pihak PDAM akan Menggandeng APH untuk Menagih Pelanggan Air yang Nunggak

Hallonusantara.com || PURWAKARTA – Rendahnya kesadaran masyarakat terhadap kewajibannya membayar air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), sehingga ada milyaran rupiah uang milik PDAM di para pelanggan yang nunggak enggak mau bayar.

Untuk melakukan penagihan, pihak PDAM akan menggandeng Aparat Penegak Hukum (APH) Polisi, Jaksa dan Pemda yang mendatangi rumah para pelanggan nunggak bayar air PDAM.

Milyaran rupiah piutang para konsumen yang nunggak, para pelanggan rata-rata melakukan tunggakan bayaran hingga mencapai 4 bulan lebih, mereka tidak bayar air.

Kondisi tersebut membuat Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengambil langkah cepat, mengintruksikan dan memberikan arahan kepada para direksi PDAM agar segera melakukan pembenahan.

Demikian hal itu disampaikan Direktur Keuangan (Dirkeu) PDAM, Sartika Tirta Dewi, SE, bahwa untuk tunggakan yang tercatat para pelanggan (piutang) mencapai 7 Milyar.

“Berdasarkan validasi data dari tahun 2021, konsumen banyak yang nunggak belum bayar. Nilai tagihannya mencapai 7 Milyar,” kata Sartika melalui sambungan seluller.

Dari angka tersebut, ada ribuan konsumen PDAM yang hingga saat ini masih menunggak, sehingga pihak PDAM mulai bulan ini (April) akan bertindak tegas terhadap para konsumen yang membandel.

“Yang nunggak ada sekitar 7.000 pelanggan, tersebar di 10 wilayah. Kita layangkan surat pemberitahuan dulu, kalau tetap bandel kita tindak tegas,” tambah Sartika.

Saat ini pihak PDAM sudah membentuk tim gabungan, yang akan mendatangi para pelanggan. Terdiri dari APH, aparat Desa/Kelurahan setempat dan para pegawai PDAM.

“Mereka (para pelanggan) akan diberi dua pilihan, yaitu bayar tunggakan atau kita datangi bareng APH lalu bongkar sambungan airnya,” tegas Sartika.

Langkah tegas yang akan diambil oleh pihak PDAM, merupakan salah satu upaya pembenahan keuangan di perusahaan plat merah milik daerah tersebut. Bukan hanya itu, Perumda juga sudah mulai melakukan restrukturisasi pegawai. (Asmadi)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments