Pemkab Sumedang Gelar Apel Siaga dan Simulasi Antisipasi Bencana

Hallonusantara.com || SUMEDANG –Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan tanggap darurat bencana, Pemkab Sumedang gelar Apel Siaga dan Simulasi Antisipasi Bencana yang dilaksanakan di Lapangan upacara KPP Kabupaten Sumedang, Rabu (20/07/2022).

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir tampil sebagai pembina dalam kegiatan apel tersebut. Kegiatan Apel Siaga ini juga diikuti oleh BPBD, Basarnas, TNI – Polri, Dishub, Bidang Damkar Satpol-PP, Dinas Kesehatan, PMI, Ormas, dan unsur terkait lainnya.

Dalam sambutannya Dony mengatakan, bahwa bencana tidak dapat dihilangkan, namun bisa dikurangi oleh manusia. Untuk itu, semua pihak harus mempersiapkan diri, kapanpun bencana akan terjadi.

” Apel Siaga Bencana ini digelar untuk meningkatkan kewaspadaan, kesiapsiagaan guna menghadapi kemungkinan bencana yang akan terjadi,” ujar Bupati.

Dony menyatakan, bahwa pihaknya tengah melakukan ikhtiar sacara lahir maupun batin, untuk mencegah terjadinya bencana.

” Apel ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar Pemkab guna meningkatkan kesiapsiagaan tanggap darurat bencana, dan memberikan efek psikologis bagi perangkat pemda, TNI – Polri, relawan maupun masyarakat, yang terlibat aktif dalam penanganan bencana,” kata Donny.

” Semua harus siap, ini ibaratkan kita ‘ dicarge ‘ harus siap kapanpun dan dimanapun,” tambahnya.

Dalam apel siaga juga dilaksanakan simulasi penanganan bencana peristiwa kebakaran yang dilakukan oleh tim Search and Rescue ( SAR ) gabungan.

Simulasi menggambarkan bahwa telah terjadi suatu peristiwa kebakaran hebat yang terjadi di sebuah gedung.

Setelah mendapat pelaporan Tim Search and Rescue ( SAR ) gabungan langsung datang ke lokasi, ada yang memadamkan api, ada yang mengevakuasi korban.

Digambarkan dalam peristiwa tersebut, dua orang terjebak dalam ruangan di lantai 3 dan dalam keadaan pingsan. Yang kemudian berhasil diselamatkan dan dievaluasi oleh tim SAR dengan teknik Vertical Rescue, dan melalui tangga darurat.  ( Agus HD )

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments