Kurangnya Perhatian Dinas Terkait, Kondisi Saluran Irigasi Memprihatinkan Tersumbat Sampah

Hallonusantara.com || CIREBON – Pintu Air sungai irigasi yang berada di wilayah Desa Depok, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon kondisinya sangat memprihatinkan penuh dengan sampah apalagi pada saat pintu air ditutup.

Hal tersebut terjadi karena kurangnya kesadarn masyarakat terhadap lingkungan walaupun sudah ada larangan akan tetapi masih ada masyarakat yang belum sadar, karena larangan tersebut di anggap hanya sekedar himbauan biasa saja.

Usman salahsatu petani mengeluhkan setiap pintu air ditutup penuh dengan sampah tapi tidak ada yang membersikan padahal sudah ada petugas Irigasi, hanya sekedar mengontrol dilihat dan di fhoto tapi tidak ada pembenahan, kata Usman kepada awak media Hallonusantara.com, Kamis (7’3/22).

“Dulu sungai kami bersih dan air mengalir dengan lancar karena tidak tersumbat oleh sampah dan rerumputan yang tumbuh subur ditengah sungai akibat luput dari perhatian petugas pengairan atau petugas Irigasi,” keluh Usman.

Ditempat terpisah, Abdul Hakim kepala desa Depok ketika ditemui awak media Hallonusantara.com mengatakan bahwa sampah di sungai tersebut memang tangung jawab bersama bahkan sudah larangan membuang sampah ke sungai.

“Menjaga kebersihan sungai itu sebuah tanggung jawab kita bersama dan sudah diberi himbauan agar tidak membuang sampah ke sungai,” ujar Kades Abdul Hakim.

Masih sambung Abdul Hakim, saya berharap kepada Dinas terkait yang berwewenang agar ada pembenahan dan memperhatikan aliran sungai atau irigasi yang tersumbat oleh numpuk nya sampah.

“Kami beeharap kepada pihak Dinas berwenang agar meningkatkan pemeliharaan saluran irigasi dan benar-benar diperhatikan bukan hanya dilihat saja,” pungkas Kades. (Masrori)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments