Rebutan Pengelolaan Limbah Pabrik di Kawasan Industri Pemicu Bentrokan Ormas di Karawang

By Admin 25 Nov 2021, 09:21:25 WIB Peristiwa
Rebutan Pengelolaan Limbah Pabrik di Kawasan Industri Pemicu Bentrokan Ormas di Karawang

Keterangan Gambar : Rebutan Pengelolaan Limbah Pabrik di Kawasan Industri Pemicu Bentrokan Ormas di Karawang


Hallonusantara.com - Karawang, JABAR

Peristiwa bentrokan ormas di jalan Interchange Karawang Barat, Kabupaten Karawang pada Rabu 24 November 2021 ternyata dipicu rebutan pengelolaan limbah pabrik di kawasan industri KIIC.

Sesuai dengan informasi yang beredar, ormas yang terlibat bentrok itu merebutkan limbah ekonomis milik PT Ichie Industries yang berada di kawasan industri Karawang International Industrk City (KIIC).

Baca Lainnya :

Saat kejadian bentrokan di jalan Interchange Karawang Barat, sebenarnya massa dari LSM GMBI dari berbagai daerah sudah berada di kawasan industri KIIC.

Namun sejumlah anggota LSM salah arah, melintasi jalan Interchange Karawang Barat, yang saat itu terdapat massa dari kelompok lain, yakni LSM NKRI dan Ormas GMPI yang sedang mengarah ke kawasan industri. Sehingga terjadilah bentrokan.

Satu unit mobil milik anggota LSM GMBI hancur dalam bentrokan itu dan sejumlah orang dari LSM GMBI mengalami kritis, hingga satu orang meninggal dunia setelah dibawa ke rumah sakit pada Rabu malam.

Kepala Kesbangpol Karawang Sujana Ruswana menyebutkan bentrok ormas yang terjadi di daerahnya diduga akibat perebutan limbah ekonomis perusahaan.

"Di Karawang, yang namanya bentrokan kelompok masyarakat biasanya terkait dengan rebutan limbah ekonomis," katanya.

Namun ia menyampaikan kalau pemicu rebutan pengelolaan limbah itu baru dugaan. Selanjutnya pihaknya akan mencari tahu terkait penyebab pastinya. (Ali Hasan)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment