Survei Pilkada Karawang Paling Valid : Jimmy – Yusni 46,75 persen, Cellica-Aep 41,15 persen

By Redaksi 05 Des 2020, 15:52:22 WIB Politik
Survei Pilkada Karawang Paling Valid :  Jimmy – Yusni 46,75 persen, Cellica-Aep 41,15 persen

Keterangan Gambar : 3 Paslon Bupati Karawang Dalam Pilkada 2020


Hallonusantara.com KARAWANG

Pilkada Karawang tinggal hitungan hari. Pasca debat kandidat dan menjelang hari tenang, berdasarkan survey terbaru dari Indomatrik, pasangan calon (paslon) nomor urut 3 Jimmy-Yusni masih unggul atas dua paslon lainnya.

Eletabilitas Jimmy-Yusni berkibar dengan angka elektabilitas 46,75 persen disusul paslon nomor urut 2 Cellica-Aep dengan 41,15 persen dan paslon nomor urut 1 Yessy-Adly dengan elektabilitas 6,25 persen.

Baca Lainnya :

Dan pada survey terbaru itu angka yang belum menentukan pilihan sudah berkurang menjadi 5,85 persen.

Direktur Riset Indomatrik Husin Yazid menjelaskan, survey kedua ini dilakukan dari tanggal 27 November hingga 1 Desember 2020 dengan Metode Multistage Random Sampling, dimana jumlah sampel sebanyak 1.250 responden, dengan Margin of Error + 2,9 % pada tingkat kepercayaan 95%.

Dijelaskan, tingkat elektabilitas itu kemungkinan tidak akan jauh berbeda saat pencoblosan 9 Desember mendatang. Pasalnya para calon pemilih telah menentukan pilihannya masing-masing. Hal ini tergambar sudah sangat kuat dari hasil survei ini.

“Para pemilih yang akan memilih Jimmy –Yusni mengemuka sudah yakin mencapai 96,30 persen. Yang mungkin berubah hanya 2,10%  dan yang masih ngambang sekitar 1,60 persen,” ujarnya.

Ditambahkan Husin, peluang merubah pilihan disebabkan oleh beberapa alasan. Yang terbanyak karena melihat program paslon (saat debat) angkanya mencapai 15,55 persen. Disusul masih mempertimbangkan pasangan terbaik sekitar 14 persenan. Sementara ada sekitar 9 persen pemilih yang berpotensi merubah pilihan didasarkan karena membandingkan dengan calon lain.

Sementara alasan pemilih menjatuhkan pilihannya pada paslon alasan merakyat masih yang tertinggi sekitar 30 persen.   27 persen pemilih menjatuhkan pilihan karena citra paslon agamis. Paslon berpengalaman sekitar 26 persen.

“Sementara yang menarik debat kandidat ternyata berpengaruh cukup signifikan terhadap pemilih. Sekitar 25.50 persen pemilih merasa yakin dengan pilihannya setelah menyaksikan debat kandidat,” ulasnya lagi. (wira)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment