Dekat Di Hati, di Hari Kemerdekaan Satgas Mobile Raider 300 Ngaliwet Bersama Masyarakat

Hallonusantara.com || PUNCAL PAPUA – Pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang Ke 78, Satgas Mobile Raider 300 tepatnya Pos Pintu Jawa kembali mengedukasi masyarakat Papua melalui tradisi yang sering dilaksanakan oleh Anggota Prajurit untuk mempererat silaturahmi antar anggota maupun keluarga anggota.

Hal tersebut yang di sampaikan Dansatgas Mobile Raider 300 Kodam III/Slw, Letkol Inf Afri Swandi Ritonga S.I.P, dalam Release tertulisnya di Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (17/08/2023).

Dengan ini Dansatgas menyampaikan, “Terima kasih kepada seluruh Prajurit Raider 300 yang bertugas dengan hati yang ikhlas, khususnya Pos Pintu Jawa terus memberikan Hal-hal baru dan positif bagi masyarakat Papua, terus buat mereka merasa nyaman dengan keberadaan TNI di Tanah Papua,” tuturnya.

Tradisi NGALIWET identik dengan bentangan Daun Pisang yang berada ditengah-tengah orang. Dari kedekatan yang terlihat antara Prajurit dan masyarakat, hal ini bertujuan untuk mendoktrin kepada masyarakat Papua bahwa TNI yang berada di tanah Papua merupakan saudara mereka dan meyakinkan bahwa seluruh masyarakat Papua merupakan bagian dari NKRI.

Sebelum menyantap makanan, masyarakat Papua juga diajarkan untuk lebih tertib dan menjaga kebersihan yang dimana mereka diajarkan untuk duduk bersila dengan rapi, berdo’a sebelum dan sesudah makan serta diajarkan untuk mencuci tangan sebelum makan.

Salah satu Tokoh Agama menyampaikan rasa terima kasih atas kegiatan yang telah dilaksanakan, “Terima kasih eh anak-anak TNI, Kitorang jadi tau kalau ada acara Ngaliwet seperti ini, bagus juga eh ternyata Kitorang bisa coba nanti bikin di Gereja ka.” Ujar Bapak Pendeta Jarin Murib,” Pen Yonif Raider 300.

(Bet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.