Kodim 0611/Garut Gelar Pembukaan Giat Binsiap APWIL dan PUANTER Semester II Tahun 2022

Hallonusantara.com || GARUT- Komando Distrik Militer  0611/ Garut menggelar pembukaan Binsiap APWIL dan PUANTER semester II Tahun 2022 yang bertempat di Aula Graha Bakti,Kamis (15/9/2022).

Dalam kegiatan itu dihadiri Para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0611/Garut, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Dandim 0611/Garut Letkol CZI Dhanisworo menyampaikan, dihadapkan dengan dengan perkembangan wilayah saat ini semakin kompleks, yang diiringi dengan spektrum permasalahan dan tantangan yang komplikatif, menuntut adaptabilitas dan fleksibilitas penyelenggaraan Binter oleh satuan wilayah binaan.

Menyikapi hal tersebut, Sambung Dandim, TNI AD berupaya melaksanakan pembinaan untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan prajurit komando kewilayahan.

“Sesuai pasal UU No 34 tahun 2004 tentang TNI menyatakan bahwa salah satu tugas poko TNI AD adalah melaksanakan pemberdayaan pertahanan di darat”,ungkapnya.

Masih kata Dandim, dalam aplikasinya pemberdayaan wilayah itu dilakukan oleh unsur komando kewilayahan dengan metode binter.

“Sehingga binter menjadi fungsi utama TNI AD dengan sasaran untuk mewujudkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara,”ujarnya.

Upaya yang terus dilakukan oleh Kodim 0611/Garut, melaksanakan fungsi utama TNI AD dengan terus memelihara dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan aparatur Komando kewilayahan melalui penyelenggaraan kewilayahan dan kemampuan teritorial.

“Kegiatan ini sesuai dengan program kerja Tahun Anggaran 2022 dilaksanakan setiap semester”,tuturnya

Dikatakan Dandim, pada semester II Tahun ini materi yang disajikan antara lain, tiga metode Binter, lima kemampuan teritorial, sikap teritorial, tingkat ekonomi masyarakat Garut, dan mitigasi bencana alam.

Dengan adanya kegiatan ini, Dandim berharap dapat membekali para apkowil jajaran Kodim 0611/Garut khususnya bagi para Babinsa yang belum memiliki kualifikasi Binter, “sehingga para peserta sekalian menjadi aparat teritorial yang lebih profesional dan mampu memberikan kontribusi yang baik kepada satuan serta citra yang positif bagi masyarakat

“Saya percaya untuk peserta ini untuk diberikan pengetahuan sesuai materi yang ditetapkan komando atas, sehingga nantinya para apkowil khususnya para Babinsa mengimplementasikan di wilayah binaanya masing-masing”,pungkasnya. (Agus)

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments