PemerintahanSosial

Tangkal Berbagai Berita Hoak, DISKOMINFO Garut Himbau Lakukan Saring Sebelum Sharing

×

Tangkal Berbagai Berita Hoak, DISKOMINFO Garut Himbau Lakukan Saring Sebelum Sharing

Sebarkan artikel ini

Hallonusantara.com || GARUT – Berita bohong atau hoaks adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Berita bohong ini biasanya sengaja dibuat oleh pihak tertentu untuk kepentingannya. Dengan kata lain, hoax diartikan sebagai upaya pemutarbalikan fakta menggunakan informasi yang seolah-olah meyakinkan akan tetapi tidak dapat diverifikasi kebenarannya.

Demi mencegah dan meminimalisir berita hoak ini. Dinas komunikasi dan informasi (DISKOMINFO) Garut menghimbau kepada masyarakat agar jangan mudah percaya berita yang belum jelas dari mana sumbernya, sebelum melakukan cek dan ricek terlebih dahulu.

“Tekhnologi sekarang semakin canggih. Setiap orang minimal sudah punya gadget seperti handphone. Sehingga di mana pun dapat mengakses dan mendapatkan berita dengan mudah.” Kata Aisyah. Pegawai DISKOMINFO Garut saat ditemui awak media Hallonusantara di kantornya. Senin, (20-03-2023).

“Masyarakat sekarang dihimbau jangan asal percaya begitu saja berita yang sumbernya tidak dan belum jelas. Apalagi sampai menyebarkannya lagi berita tersebut, tanpa melakukan cek dan ricek terlebih dahulu. Jangan asal menurut kita rame; bakal seru! Terus disebarkan lagi di berbagai media sosial!” Sambungnya.

Perlu diketahui, untuk menangkal berbagai berita bohong DISKOMINFO Garut punya akun Instagram resminya, berharap masyarakat bisa melakukan cek berbagai berita yang terindikasi hoak di akun Instagram tersebut. Dengan nama akun Garut Saber Hoak (Gasaks), yang bisa diakses di alamat linknya: https://www.instagram.com/garutsaberhoax_gasaks/

“Lewat Instagram ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui berbagai berita bohong atau hoak dan sejenisnya.” Tutur Aisyah, diakhir obrolan. (Yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.