Dosen FTI Unsap Sumedang Buatkan Aplikasi Untuk PAM Desa

Hallonusantara.com||Sumedang, JABAR-Baru-baru ini, dosen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Sebelas April Sumedang ( UNSAP) sosialisasikan sebuah aplikasi yang diberi nama SIJEMBARASIH yang kepanjangan dari Sistem Jurnal Pembayaran Iuran Air Bersih di KPSPAM Tirta Guna yang berlokasi di Desa Bantarmara Kecamatan Cisarua Kab. Sumedang, Juma’t (18/6/22).

Aplikasi tersebut dibuat sebagai bentuk penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam melaksankan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sebagai pembuka, Beben Sutara, M.T. sebagai analis sistem memaparkan “aplikasi ini gratis bagi yang membutuhkan, kami rancang untuk membantu pelayanan masyarakat khususnya para pengelola PAM Desa untuk mempermudah dan mempercepat layanan, upaya ini merupakan bentuk sinergitas antara Fakultas dengan
pemerintah untuk mewujudkan smart city dari level bawah,” ujarnya.

Imbuh Beben, Dalam aplikasi ini, tidak hanya untuk pencatatan jurnal saja tetapi sudah dilengkapi juga beberapa informasi keuangan seperti rekap pembayaran, tagihan, pengeluaran, bahkan laporan laba rugi, dan tidak hanya disini saja aplikasi ini akan terus direvisi sehingga sesuai dengan kebutuhan dilapangan.

Ditempat yang sama, Kiki Alibasah, M.Kom. (bag. Akuntnsi Keuangan)
Ketua Penelitian sekaligus programmer sistem, yaitu Atep Ruhiat, M.Kom Menambahkan dalam penyampaiannya memberikan pandangan “Pada tahapan awal ini kita lakukan sosialisasi dulu dengan cara mendemokan aplikasi ini, jika mereka tertarik kita akan lanjut dengan melakukan pelatihan dan selanjutnya pemberian hibah aplikasi beserta alat gratis kepada pihak pengelola bahkan kami sudah siapkan rekan-rekan mahasiswa untuk diterjunkan kelapangan sebagai pendamping,” ujarnya.

Sosialisasi tersebut ditanggapi positif oleh pihak pengelola, “Walaupun kami sudah tidak muda lagi tetapi tidak ada ruginya jika kami mencoba, sepertinya aplikasi ini bisa mempermudah kami dalam menyajikan informasi tagihan dengan cepat buat para warga yang berlangganan” ujar Warma (ketua KPSPAM  Tirta Guna).

Pada penutup, Atep juga menegaskan bahwa jika implementasi ini berhasil dan teruji maka tidak menutup kemungkinan kegiatan PKM ini akan terus berlanjut untuk PAM Desa yang lainnya yang berada di Kabupaten Sumedang. (Akbar AG)

2 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments