Hukum  

Tidak Di Gubris Oleh PT. Hankook Tire Indonesia, Ribuan Massa Yang Tergabung Dalam Perkumpulan Ormas Peduli UMKM Jebol Pagar Pembatas

Hallonusantara.com || BEKASI – Ribuan massa yang tergabung dalam Perkumpulan Ormas Peduli UMKM (Perkopum) Kabupaten Bekasi menggelar aksi damai di perusahaan Hankook driving emotion Indonesia.

“Perusahaan Hankook ini melakukan oprasional nya di tanah Kabupaten Bekasi, tapi PT Hankook driving emotion ini mencari keuntungan semata dengan berkerja sama dengan pihak perusahaan asing yang di duga tidak memiliki ijin yang lengkap” pekik orator Kamis, di PT Hankook di Kawasan Delta Silicon 5 Industrial Park, Lippo Cikarang, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Seperti diketahui aksi ini tergabung dari berbagai Ormas yakni Ormas Pemuda Pancasila (PP),Gerakan Militansi Pejuang Indonesia (GMPI) dan Ormas Cakra.

Sekertaris Ormas DPD GMPI Aksi Agus Karna Abdila mengatakan pihak nya Perkopum ini sebelum nya sudah berupaya melakukan melayangkan surat ke perusahan Hankook Indonesia dan sudah bermediasi dengan pihak perusahaan, akan tetapi pihaknya tidak di indahkan.

“Tanggal 23 September 2022 sudah melakukan upaya mediasi dengan pihak perusahaan, kami ingatkan mereka agar pihak perusahaan bisa menerima  rekomendasi-rekomendasi yang kami berikan, akan tapi pihak hankook menjawab dengan jelas bahwa mereka tetap bersikukuh bertahan untuk tetap berkerjasama dengan pihak perusahan asing” katanya.

Ia mengungkapkan berdasarkan investigasi yang dilakukan, pihak hankook ini yang berkerjasama dengan perusahaan asing yang di duga perijinan dan legalitasnya belum lengkap

Selain itu pihaknya menduga ijin transporter dari Dinas Perhubungan Kabupaten pun tidak dimiliki oleh perusahan tersebut, ijin pengumpul nya pun tidak ada dan ijin B3 non B3 pun tidak ada.

“Kami selaku ormas yang berada di Kabupaten Bekasi yang mempunyai peran fungsi tugas control sosial kami berkomitmen untuk terus bergerak dan mengawal agar tidak perusahaan di Kabupaten Bekasi dan lain nya tidak mencontoh seperti PT Hankook ini” ketusnya.

Sementara itu Sekjen Dankoti dari Ormas Pemuda Pancasila (PP) Moral S menuturkan memang di pastikan tidak diragukan lagi pihak hankook ini menjalin kerja sama dengan pihak perusahaan asing dan di duga memang perizinan nya ini belum lengkap.

“Pihak Hankook ini menjalin kerja sama dengan pihak perusahaan asing dan di duga memang perizinan nya ini belum lengkap”ungkapnya.

Ia menyayangkan PT Hankook yang merupakan perusahan besar ini seharusnya bisa mengutamakan masyarakat lokal dan berpihak kepada kami bukan melainkan berpihak kepada perusahan asing.

“Kita yang tergabung dalam perkopum ini akan tetap menuntut hak masyarakat dan warga bekasi kepada pt hankook agar tetap berpihak ke masyarakat lokal dan berkerja sama dengan kita” tandasnya.(Heru)

2.8 4 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments