Pemkab Sumedang Gelontorkan Anggaran Rp 9,5 M Untuk Pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah

Hallo Nusantara.com || Sumedang, JABAR-Pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah  yang sudah direncanakan sebelumnya, akhirnya hari ini diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten  Sumedang dan peletakan batu pertamanya pun dilakukan langsung oleh Bupati Sumedang H. Donny Ahmad Munir, Selasa (14 /06/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Sumedang, Kapolres Sumedang, Dandim 0610/Sumedang, Bunda Literasi Sumedang, Tokoh Literasi Nasional, Forum TBM Jabar, Forum TBM Sumedang, Duta baca Jabar, Kanpusda Sumedang, Ormit, beserta tamu undangan lainnya.

Gedung Perpustakaan Daerah ini dibangun di kawasan Pusat Pemerintahan, diatas lahan seluas 2000 meter persegi dan anggaran pembangunan gedung layanan perpustakaan daerah bersumber dari DAK fisik reguler bidang pendidikan perpustakaan daerah sebesar Rp 9,5 M.

Dikatakan Bupati H. Donny Ahmad Munir, pembangunan gedung perpustakaan daerah ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan budaya literasi di Kabupaten Sumedang. Pembangunan gedung pun akan di desain sedemikian rupa agar menjadi magnet bagi para pengunjung.

“Dengan adanya gedung layanan perpustakaan daerah yang refresentatif diharapkan semakin mempermudah pengguna perpustakaan guna mencari informasi yang diperlukan, ” kata Donny.

“Selain baca dan pinjam buku, bisa juga ngadeum karena ruangannya ber-AC, bisa numpang Wi-Fi gratisan, ngepoin jendela dunia, ” tambah Donny.

Rohman Gumilar sekretaris Forum TBM Jabar mengatakan, dengan adanya gedung layanan perpustakaan daerah yang baru ini diharapkan menjadi tempat yang refresentatif untuk mewadahi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para pegiat literasi khususnya para pegiat di kabupaten Sumedang.

“Semoga dengan adanya gedung perpustakaan baru, sebagai penunjang majunya insan literate di Sumedang, ” Pungkas Rohman.  ( Agus HD )

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments