Setelah 22 Tahun Menanti, Kini Warga Dusun Cisoka Dapat Menikmati Aliran Listrik PLN

Hallonusantara.com || SUMEDANG –Penantian warga Dusun Cisoka, Kecamatan Sumedang Selatan untuk mendapatkan pasokan listrik PLN kewilayahannya, akhirnya terjawab sudah setelah Bupati Sumedang H. Donny Ahmad Munir meresmikan penyalaan listrik ke daerah tersebut, Rabu (29/06/2022).

Diawali dengan gunting pita oleh Bupati Sumedang H. Donny Ahmad Munir, kemudian diikuti oleh General Manager UID Jabar Agung Nugraha dengan menekan tombol KWH, peresmian penyalaan listrik pun dilakukan ditandai dengan penyalaan listrik di salah satu rumah warga setempat.

“Hari ini, berkat kerja keras dan kerja sama antara UID Jabar dan PLN Sumedang, kita bisa mengaliri listrik ke Dusun Cisoka,” tandas Donny, saat resmikan penyalaan listrik.

Diungkapkan Donny, selama ini masyarakat telah berusaha untuk mendapatkan listrik dengan memanfaatkan tenaga surya dan menggunakan kincir angin, akan tetapi listrik yang dihasilkan kecil dan belum dapat mencukupi kebutuhan listrik bagi warga Cisoka.

“Hanya dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga kincir air dan panel surya yang dibuat pada tahun 1995 dan 2000, kemampuan listrik yang dihasilkan hanya terbatas untuk penerangan dan menyalakan televisi,” Ungkap Donny.

Dijelaskan Donny, bahwa selama puluhan tahun warga Cisoka harus bersabar  untuk mendapatkan aliran listrik PLN, karena selain medan akses, pembangunannya pun membutuhkan jaringan dan biaya yang cukup besar.

“Cisoka merupakan daerah perbatasan, dan untuk mengaliri listrik ke wilayah ini membutuhkan jaringan yang sangat besar dan biaya yang besar pula, itu yang menjadi kendala dalam suplay aliran listrik ke Cisoka, sehingga warga Cisoka harus bersabar hingga puluhan tahun untuk mendapatkan aliran listrik PLN,” jelas Donny.

Lebih lanjut Donny menyatakan, dari sekitar 400 ribuan KK yang ada di Sumedang, sekitar 2% atau sekitar 9 ribuan KK yang masih belum memasang listrik.

” ini merupakan tugas kita selanjutnya yang akan segera dilayani, jikalau mereka tidak mampu, kita upayakan dengan CSR atau program lainnya. Saya mengajak PLN Jabar dan PLN Sumedang, agar menyelesaikan target elitifikasi dari 97% menjadi 100 %, bahkan kalau bisa lebih,” kata Donny.

Sementara itu GM UID Jabar Agung Nugraha sangat terkesan dengan ungkapan yang dilontarkan Bupati yang menyatakan bahwa tugas dan tanggung jawab untuk mengaliri listrik adalah tugas bersama, bukan hanya PLN saja.

” Ini merupakan awal yang bagus, saya akan menugaskan manager unit untuk berkoordinasi dengan pihak pemda untuk memastikan yang 9 ribuan KK betul jumlahnya, dan akan kami kerjakan sesuai dengan kemampuan kami,” ujar Agung Nugraha.

Otong Sumarna selaku kepala desa Citengah, mengucapkan terima kasihnya atas bantuan yang telah diberikan pihak pemda, PLN, dan unsur lainnya karena penyalaan listrik di wilayah tersebut sudah diidamkan selama puluhan tahun.

“Setelah puluhan tahun ingin adanya aliran listrik, kini sudah terwujud. Terima kasih kepada Bupati, PLN, BKSDA, ESDM yang telah memperjuangkannya, alhamdulilah kini Cisoka sudah terang dan tidak gelap lagi, ” ungkapnya.¬† (Agus HD)

3 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments