Ragam  

Kamil, Di Usia Senjanya Tak Mengurungkan Niat Mencari Nafkah Untuk Tetap Penuhi Kebutuhan Keluarga

Hallonusantara.com || Cianjur,JABAR – Di usianya yang sudah tidak muda lagi Kamil yang memiliki lima orang anak Ia masih menekuni aktivitasnya sebagai pedagang keliling dari kampung satu ke kampung lainnya, Ia merupakan sosok Suami dan Bapak bagi Istri dan terutama bagi kedua Anaknya yang masih dalam tanggungan begitu juga bagi ketiga Anaknya yang sudah berkeluarga dan pisah rumah, senin (20/06/2022).

Kamil adalah warga Kampung Ciimbang, RT 002/006, Desa Hegarmanah, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur.

Setiap hari Kamil bejalan dari pagi sampai sore, tidak tanggung – tanggung hingga 10 – 15 Km berjalan dengan memikul dagangan dipundaknya, Ia gigih menjajakan dagangannya ke setiap pelosok kampung.

Saat diwawancarai Ia mengatakan, “Setiap hari Saya berangkat berjualan dimulai dari pukul 08:00., sampai pukul 16:30 WIB. Setiap hari kalau dihitung, perjalanan kira-kira dari rumah menuju ke perkampungan mungkin 10 sampai 15 Kilo meter, mungkin lebih.

Ya, bagaimana lagi kan ini keseharian Saya buat menafkahi istri dan anak-anak Saya,” ungkapnya.

“Untuk pendapatan tidak menentu, kadang seratus, kadang lebih, tapi itu kotor belum modal dan resiko untuk makan minum diperjalanan, tapi Alhamdulillah tetep Saya Syukuri,” kata Kamil.

Menurutnya usia tidak menjadi kendala selagi sehat. Selebihnya kata Kamil, Ia masih punya tanggungan untuk kedua Anaknya yang masih duduk di bangku sekolah. “Anak saya semuanya ada lima, namun yang tiga sudah pada berkeluarga, sekarang tinggal dua anak yang masih menjadi tanggungan saya untuk menyelesaikan sekolahnya di SMK, makanya dengan berjualan ini untuk bisa memenuhi kebutuhan keluarga terutama buat kedua anak Saya yang masih sekolah,” bebernya.

Lanjut Kamil membeberkan, “Suka duka tidak bisa memilih memang ini kenyataannya cape memang cape, tapi tidak ada sesuatu untuk menggapai harapan tanpa melakukan tindakan,  ikhtiar dengan dagang ini tujuan Saya untuk mencapai harapan segala kebutuhan,” ungkapnya.

Kamil tidak menampik pun mengharap bantuan dari siapapun dan apapun bentuknya terutama untuk menopang pendidikan dua anaknya yg lanjut pendidikan jenjang SMK.

“Harapan Saya mah yang penting sehat, Istri sehat, dan anak – anak sehat. Semuanya Saya doakan mereka selalu diberikan kesehatan, dan dimudahkan rijkinya. Lebih dari itu bagi anak – anak juga di doakan mereka menjadi orang Sholeh, dan jujur.”pungkasnya(JSD)

1 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments