Hadapi Musim Penghujan Warga Resah, Tanaman Eceng Gondok Sumbat Saluran Irigasi Kali Cidorowak

Hallonusantara.com || KARAWANG – Saluran irigasi pembuangan kali Cidorowak yang melintasi 2 desa, terutama di wilayah Desa Dayeh Luhur dan Desa Lemah Duhur, Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang Jawa Barat, yang di penuhi oleh tanaman eceng gondok, yang menyumbat saluran irigasi kali Cidorowak.

Hal ini membuat Tokoh masyarakat Endang Samsudin warga Desa Dayeh Luhur merasa kecewa kepada pihak Dinas Pengairan maupun Pemerintahan Daerah, yang tidak merasa prihatin melihat tumpukan tanaman eceng gondok yang menyumbat di saluran Cidorowak yang berada di wilayah dua Desa, Kecamatan Tempuran.

“Dengan ini saya atas nama tokoh masyarakat sangat riskan bilamana musim hujan turun dan saya yakin warga yg rumahnya di pinggir bantaran kali pembuangan Ciderowak akan dapat kado manis yaitu genangan air banjir dan selama ini saya belum lihat ada penanganan dari Dinas Pengairan untk membersihkan Eceng gondok tersebut,” tegas Endang Samsudin, selaku Tokoh Masyarakat, saat di kompirmasi awak Media pada Kamis (22/09) 2022.

“Jadi saya memohon kepada  dinas pengairan, untuk membersihkan eceng gondok tersebut, yang ada di saluran pembuang kali ciderowak, (Aya meureun biaya perawatan mah) ada mungkin biaya perawatan,” papar Endang Samsudin sambil tersenyum.

“Atau akan di biarkan dulu biar bisa di lihat klu banjir baru ada penanganan tolong kepada dinas pengairan agar mengerahkan waker nya untuk membersihkan eceng gondok yang  ada di saluran kali ciderowak blok desa Dayeuhluhur dan lemah duhur,” sambung Endang dengan nada kesal.

“Sekali lagi saya mohon kepada pihak dinas pengairan, normalisasi ini baru 1 tahun kemarin jadi intinya, tolong ada perawatan lagi dari dinas terkait untuk saluran kali Ciderowak,” pungkasnya. (Mulyadi/aki)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments