RagamSeni & Budaya

Sambut Bulan Suci Ramadhan, Warga Tiga Desa Di Karangpawitan Ikuti Pawai Ta’aruf

×

Sambut Bulan Suci Ramadhan, Warga Tiga Desa Di Karangpawitan Ikuti Pawai Ta’aruf

Sebarkan artikel ini

Hallonusantara.com || GARUT – Umat muslim di seluruh dunia menyambut gembira datangnya bulan suci Ramadhan.Tidak terkecuali warga Tiga Desa di Kecamatan Karangpawitan yang terdiri dari Desa Mekarsari, Desa Sindanglaya dan Desa Jatisari yang mengelar Pawai Ta’aruf menyambut Bulan Suci Ramadhan pada Minggu pagi (19/03/2023). Dilepas oleh Ketua Tanfidziyah Majelis wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Karangpawitan Yakni K.H Agus,S.Ag.,M.SI.

Seperti yang diketahui, tujuan Pawai Ta’aruf Ramadhan ini adalah sebagai sarana silaturahmi antar sesama warga dan untuk memotivasi masyarakat agar lebih banyak bersyukur dan bersabar dalam menghadapi berbagai permasalahan dan perubahan yang terjadi saat ini maupun yang akan datang. Karena bulan Suci Ramadhan mempunyai arti tersendiri karena dibulan Suci tersebut penuh dengan rahmat, maghfiroh dan ampunan dari Allah SWT.

Pimpinan Ponpes Nurul Huda Ust. Nurjaman menjelaskan tentang tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut saat diwawancarai sejumlah awak media pada saat berlangsung kegiatan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk luapan kegembiraan warga menyambut tibanya bulan Suci Ramadhan, juga sebagai bentuk menumbuhkan semangat berpuasa umat Islam. Dan tumbuh rasa gembira lahir dan batin dalam menjalankan Ibadah puasa nanti,” jelasnya

“Karena sebelumnya Tiga atau Empat hari kebelakang kami telah bermusyawarah untuk mengadakan pawai Ta’aruf ini, meskipun secara spontan tapi tidak di sangka pesertanya cukup banyak mencapai ratusan orang. Harapan Kami generasi muda sebagai generasi penerus mendedikasikan dirinya untuk meneruskan Ajaran Rasulullih Muhamad SAW,” lanjutnya.

Pawai tersebut, diikuti 3 Desa meliputi Jatisari, mekarsari dan Sindangsari. Dengan mengambil rute dari mulai Bojong – Sukasari – Sukamanah – Tarbrik – Nagrog – belok Di Di Cimurah – Calingcing dan Sindanglaya. Dan Alhamdulillah ada dukungan baik dari Polsek Karangpawitan, Koramil 1102/krp, Para Kades, Ormas NU Dan Warga Masyarakat.

Sebelum melepas Peserta Pawai Kades Jatisari yakni Dadan daman didampingi Babinsa Dede Rohmat dan Babinkamtibmas Jatisari, Bripka Risal memberikan apresiasi dan terima kasih kepada para panitia dan warga Karangpawitan yang telah menyelenggarakan kegiatan Pawai Ta’aruf dan Alhamdulillah berjalan lancar.

“Kegiatan seperti ini sungguh sangat positif dan bermanfaat bagi kita semua terutama kaum muslimin. Oleh karena itu, saya menghimbau kepada seluruh warga di kecamatan karangpawitan untuk tetap saling menghormati dan menghargai antara satu dengan yang lain agar saudara-saurada kita dalam melaksanakan ibadah Ramadhan nanti tenang dan lancar,” jelas Dadan.

Pawai Ta’aruf Ramadhan yang mengambil titik star dari Ponpes Nurul Huda kemudian mengikuti rute yang telah ditentukan panitia yakni melewati jalan Desa Jatisari, jalan Desa Sindanglaya dan Desa Cimurah hingga kembali finis di Halaman Ponpes Nurul Huda.

Diakhir kegiatan Pawai Ta’aruf Ramadhan tersebut, menjelang siang hari semua peserta dihibur dengan musik islami marawis. (Agus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.