Ragam  

TPS Kota Bekasi Tiap Tahun Bertambah Lahan Dua Hektar

Hallonusantara.com || Bekasi  – Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Kota Bekasi di Jl Pangkalan II, Sumber Batu, Bantar Gebang, Kota Bekasi, tertata dengan baik dan terpasang alat Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) Pollutant Standard Index (PSI) yang berfungi dengan baik,Selasa (15/11) 2022.

Saat awak media mewawancarai Toni selaku Kepala UPTD TPSA Kota Bekasi mengatakan, bahwa tidak ada tempat atau lapak pengumpul barang bekas yang mangkal di TPS Kota Bekasi.

“Yang pertama harus tertib Atmistrasi dulu, baik dari mulai pengelolaannya, kalau kita disini kan memang khusus Sampah di wilayah Kota Bekasi saja, kemudian kami juga disini tidak ada tempat-tempat atau Lapak-lapak yang boleh mangkal disini,” ungkap Toni.

“Setiap tahunnya itu selalu meminta  perawatan, baik jalannya kemudian sebelum ada teknologi terbarukan pengurangan sampahnya kita meminta perluasan lahan setiap  tahun itu 2 hektar, jadi untuk penataan sampahnya itu sendiri rutin kita laksanakan, setiap harinya itu kita laksanakan perawatan ataupun perapihan itu semua kita rapihin, kita susun, kita rapikan kalau ada geseran Buru-buru naikkan lagi supaya tidak terjadi longsor dan geseran,” kata Toni.

Masih kata, Toni sebagai Kepala UPTD TPSA Kota Bekasi Kalau sekarang ada 22 hektare, dulu sudah ada kerja sama dengan PT Koppo kemudian NWA kebetulan memang tidak berjalan lama, jadi pernah ada, ada juga kompos, dan untuk saat ini sudah tidak berjalan.

“Untuk pengurangan sampah kita Kota Bekasi sendiri punya TPS 3R, jadi kita mengurangi sampah itu dari hulu,dari wilayah, Kecamatan-kecamatan yang ada di Kota Bekasi kemudian dipilah di sana, nanti sisa residunya dibawa ke sini, jadi Alhamdulillah program TPS 3R lumayan mengurangi jumlah sampah, sudah ada tempat penyortir di Kecamatan wilayah  Kota Bekasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Toni sebagai Kepala UPTD TPSA Kota Bekasi menjelaskan, Restebusi itu kan ada di wilayah, UPTD wilayah, tidak ada disini, tugas kita disini hanya menata, menata sampah yang masuk ke TPA kemudian melaporkan jumlah tonase setiap bulan.

“Di apdete setiap bulannya kita melaporkan data jumlah sampah yang masuk ke TPA, jalan ini jalan sendiri,ini kan area,ini kantor punya Kota Bekasi,” pungkasnya.(Mariam)

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments