Ditemukan Suspek PMK Di Jatinangor, Mentan RI Dan Bupati Sumedang Tinjau Langsung Ke Lokasi

Hallonusantara.com || Sumedang, JABAR –Ditemukannya penyakit mulut dan kuku ( PMK ) pada hewan piaraan/ sapi milik warga di Cikeuyeup, Desa Cilayung, Jatinangor – Sumedang, mengharuskan Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo didampingi Bupati Sumedang H. Donny Ahmad Munir, meninjau langsung ke lokasi, pada Rabu sore (18/05/2022).

Dalam akun Dony Ahmad Munir dikatakan, pak Menteri datang ke Sumedang untuk memastikan semua kekuatan yang ada dijajaran pemerintah telah bergerak untuk mengantisipasi berbagai perkembangan dari suspek PMK.

Dinas peternakan dan perikanan Sumedang membentuk satgas pengendalian PMK, dan terus melakukan pengawasan, sosialisasi, dan edukasi kepada para peternak.

” Untuk kasus sapi PMK di Cilayung – Jatinangor, terus dipantau dan diberi obat serta vitamin secara intensif ” kata Dony.

” PMK dapat disembuhkan dengan diberikan obat-obatan dan vitamin. PMK tidak menular atau berbaha bagi manusia ” tambahnya.

Penyakit mulut dan kuku ( PMK ) atau dikenal juga sebagai Foot and mouth Desease ( FMD ) dan Apthtae Epizooticae merupakan penyakit hewan menular bersifat akut yang disebabkan virus.

Wabah ini menyebabkan penyakit viral yang sangat menular dan menyerang semua hewan berkuku belah/genap seperti sapi, kerbau, domba, kambing, rusa, dan unta.  ( Agus HD )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *