Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an Tingkat Provinsi Jawa Barat Ke-37

Hallonusantara.com || Sumedang, JABAR- Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an XXXVlI Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 di Induk Pusat Pemerintahan (IPP), Minggu (19/06/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum, S.E., Anggota DPR-RI, Anggota DPRD Jawa Barat, Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, Bupati dan Wakil Bupati Sumedang, DPRD Sumedang, Forkopimda Sumedang, Ketua LPTQ Jawa Barat, MUI kab Sumedang, kafilah peserta MTQ ke-37, serta undangan lainnya.

Tujuan diadakannya kegiatan MTQ ke-37 ini adalah untuk memasyarakatkan Al-Qur’an dalam mengamalkan ajaran Al-Qur’an di kehidupan masyarakat Jawa Barat, sebagai media dakwah dan syiar Islam dalam rangka meningkatkan peran masyarakat dalam membaca, mengkaji dan memahami nilai-nilai Al-Qur’an, mengembangkan kecintaan terhadap Al-Qur’an melalui qori dan qoriah, hafiz dan hafizah, penulis kaligrafi dan penulis makalah Al-Qur’an sebagai bentuk pendakwahan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan, serta menetapkan peserta terbaik dari Kabupaten/Kota se-Jawa Barat untuk mewakili Jawa Barat pada ajang LPTQ Nasional.

MTQ dilaksanakan secara rutin dua tahun sekali. Tahun ini, MTQ dilaksanakan tanggal 18 sampai 25 Juni 2022 dengan tema MTQ ke-37 adalah  “melesatkan Jawa Barat sebagai Provinsi Terdepan dalam Inovasi dan Kolaborasi”, beberapa kegiatan diantaranya diawali dengan pawai taaruf serta pameran produk UMKM yang dilaksanakan di  IPP kab Sumedang .

Selanjutnya, peserta yang diikuti oleh perwakilan dari kota/kabupaten di Jawa barat. Terdapat 12 cabang lomba yaitu, Cabang Tilawah qiroat sab’ah mujawwad dan murottal, Cabang Tahfizh (hafalan), Cabang Tafsir (Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), Cabang Syarhil Qur’an (Pidato), Cabang Fahmil Qur’an (Cerdas Cermat Seputar isi Kandungan AI-Qur’an), Cabang Karya Makalah Al-Qur’an, dan Cabang Kaligrafi (seni menulis ayat Al-Qur’an).

Dalam sambutan Bupati Sumedang berharap Sumedang masuk 5 besar.

“Saya berharap Sumedang masuk 5 besar walaupun meleset jadi juara umum” ujar Bupati Sumedang.

Dalam sambutan Wakil Gubernur Jawa Barat memaparkan mengenai makna MTQ.

“Barang siapa yang menegakan syi’ar Islam maka dia orang yang bertaqwa dan jadikanlah kegiatan ini sebagai silaturahmi,”ucap Wakil Gubernur Jabar.

Wakil Gubernur berharap agar dari kegiatan MTQ ini meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah dan membawa berkah.

“Dengan MTQ ini semoga kita menjadikan efek mencintai Allah, mencintai Rasulnya dan mengamalkan segala sesuatu yang baik dan semoga membawa barokah bagi kita semuanya”, ujar Wakil Gubernur Jawa Barat.

Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Jawa Barat yang ke-37 secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum didampingi Bupati Sumedang, kanwil provinsi, diawali dengan mengucapkan basmalah bersama-sama. (Akbar AG)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments