Pemdes Naluk Dorong Pelaku UMKM Lokal Tingkatan Perekonomian Masyarakat Pasca Pandemi

Hallonusantara.com|| Sumedang, JABAR-Mengingat peran pentingnya UMKM dalam perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat apalagi menginjak pasca pandemi, UMKM dapat dijadikan pilar/pondasi utama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Untuk itu Pemdes Desa Naluk melakukan rapat koordinasi dan pembinaan UMKM yang dilaksanakan di kediaman Kepala Desa Naluk di Dusun 2 Rt 02/03 Desa Naluk, kecamatan Cimalaka – Sumedang pada hari Selasa malam, (31/05/2022).

Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Naluk Bpk. Samsu Hidayat Ilyas, Kasipem Desa Naluk Syaiful, Korcam UMKM kecamatan Cimalaka, Perwakilan pelaku UMKM Patriot Desa Naluk, serta Karang Taruna.

Kepala Desa Naluk Samsu Hidayat dalam arahannya mengungkapkan, bahwa peran UMKM merupakan bagian penting dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Desa Naluk.

“UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat, karena dapat menyediakan jaring pengaman untuk menjalankan kegiatan ekonomi khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” ungkap kepala desa Naluk.

Selanjutnya. Samsu menuturkan kalau manfaat UMKM sangat besar untuk perekonomian warga dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

“Manfaat UMKM sangat besar karena dapat membantu membuka lapangan pekerjaan,” ujarnya.

“Untuk bekerja di sebuah UMKM pun tidak harus dengan persyaratan yang berat, tinggal ada kemauan dan memiliki keterampilan di bidang terkait saja,” tambahnya.

Lebih lanjut dalam rapat tersebut. Samsu Hidayat Ilyas berharap supaya para kader dapat menggali potensi dan SDM yang ada di wilayahnya, agar UMKM dapat ditumbuhkembangkan dan berdaya saing.

“Jadikan UMKM sebagai pondasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan guna menuju Desa Naluk yang mandiri ,”tandasnya.

“Pemdes akan berupaya membantu memberikan wadah untuk pemasaran produk hasil para pelaku UMKM di wilayahnya,” pungkas Samsu.  (Agus HD)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments