Ragam  

HARGANAS Ke 29 : UPT DINAS P3AP2KB Kab. Waykanan Wilayah V KB Serentak Sejuta Akseptor

Hallonusantara.com || Way Kanan –  HARGANAS merupakan perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional.

Sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa.

Berlangsunya kegiatan Harganas di tiga(3) kecamatan wilayah lima (5) Kabupaten Waykanan pada Rabu (15/6/2022).

BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL melalui Dinas P3AP2KB wilayah V Pakuan Ratu, Negara Batin, dan Negeri Besar menawarkan metode baru kontrasepsi yang mudah bagi kaum peserta pascapersalinan, Metode ini juga menjadi solusi jangka panjang bagi pasangan usia subur yang belum terlayani selama pandemi Covid-19.

Pada Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor di HARI KELUARGA NASIONAL  KE 29 BKKBN melalui Dinas P3AP2KB Kabupaten Way Kanan terus meningkatkan akses pelayanan KB yang berkualitas.

Pengendalian angka kelahiran dalam keluarga sangat berdampak kepada penurunan prevalensi stunting, selaras arahan penargetan Bapak Presiden RI Joko Widodo yang mengatakan ; Target Pemerintah adalah menekan angka stunting hingga dibawah 14% pada tahun 2024.

Melalui UPT KB Wilayah V beserta jajaran terkait optimistis metode ini diminati masyarakat, adapun penggunaan kontrasepsi metode suntik cukup dominan.

Dengan kata lain, adapaun pergeseran penggunaan dari suntik beralih ke implan merupakan hal yang mudah karena peserta KB bisa menyesuaikan dan merasakan kenyamanan.

Penggunaan progestin, suntik, maupun pil dikenal sebagai pil mini tidak mengganggu produksi ASI bahkan sekaligus mendukung program ASI ekslusif.

UPT KB Wilayah V mengharapkan penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang seperti Implan dan IUD yang dikenal juga sebagai AKDR /Alat Kontrasepsi dalam Rahim, atau biasa dikenal KB spiral bisa lebih menjadi pilihan masyarakat.(Yk/Derry).

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments