Ragam  

Warga Cianjur Kompak Bersihkan Lingkungan Antisipasi Pembiakan Nyamuk DBD

Hallonusantara.com | | Cianjur, Jabar – Warga Kampung Pabuaran, di lingkungan RT. 005/004, Desa Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, kompak bersihkan lingkungan untuk antisipasi berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti atau biasa disebut dengan nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD), Minggu (13/11) 2022.

Aedes aegypti atau DBD, merupakan jenis nyamuk yang dapat membawa Virus Dengue penyebab penyakit demam berdarah. Selain Dengue, Aedes Aegypti juga merupakan serangga pembawa Virus Demam Kuning, Chikungunya, dan Demam Zika yang disebabkan oleh Virus Zika.

Untuk menghindari segala kemungkinan yang tidak diharapkan, Ketua RT. 005 dan RW. 004, beserta perangkatnya turun langsung mengumpulkan dan mengerahkan warganya untuk bekerjasama membersihkan lingkungan, terutama ditempat – tempat yang rawan akan terjadinya perkembang biakan serangga yang membahayakan tersebut, seperti membersihkan selokan wc mesjid,  area pemakaman, dan kebun warga yang jarang terjamah oleh pemiliknya karena banyak daun kering yang menyimpan air sisa hujan.

Sebagaimana yang disampaikan Ketua RT. Mamat Saepudin di hadapan para warga, Ia menyampaikan rasa terimakasih atas kesediannya untuk bekerjasama membersihkan lingkungan.

“Saya menghaturkan banyak terimakasih atas keikhlasan dan luang waktu Bapak, Ibu, dan para pemuda untuk bersama – sama melaksanakan pembersihan dilingkungan RT. 005 ini,” ungkapnya.

“Saya tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dan bantuan warga, karenanya saya berharap likungan beserta warga saya tetap selalu terjaga akan kesehatan. Peribahasa mengatakan ‘Mencegah lebih baik daripada mengobati’,” imbuhnya.

“Saya juga berharap setelah kegiatan bersih – bersih lingkungan kita yang dilaksanakan secara bersama – sama, lingkungan kita ini akan tetap terjaga kebersihannya, karena sebagaimana kita ketahui bersama Kebersihan merupakan sebagian dari pada iman,” pungkasnya. (Ajat Sudrajat)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments