DPRD Kabupaten Batang Sharing Regulasi Pengembangan Perpustakaan Daerah Di Kota Bekasi

Hallonusantara.com || Bekasi – Komisi B DPRD Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah mengunjungi Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Disarpusda) di Ruang Rapat Disarpusda Lantai 2 Kota Bekasi, Pada Kamis (10/11) 2022.

Pimpinan rombongan sekaligus Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Batang, Suudi berterima kasih atas penerimaannya di Kota Bekasi sekaligus menjelaskan maksud dan tujuan pada sambutannya.

“Kedatangan Kami ingin membahas Perda Perpustakaan, saat ini masalah ilmu pengetahuan adalah pesatnya kemajuan teknologi menyebabkan kurangnya budaya membaca buku,” terangnya.

Beliau kemudian menanyakan bagaimana dengan kondisi masyarakat Bekasi terkait literasi membaca dan langkah yang diambil dalam menangani hal tersebut.

“Seperti apa langkah maupun regulasi yang ada di Kota Bekasi terkait pengembangan perpustakaan, sehingga masyarakat tertarik untuk membaca buku ? Kami pun berharap Kabupaten Batang bisa mendapatkan ilmunya dan diterapkan  sepulangnya nanti,” tutupnya.

Pada saat memberikan sambutan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Bekasi, Dr. Ahmad Yani, S.Pd, MM, MBA didampingi jajarannya, menyampaikan ucapan “selamat datang di Kota Bekasi”. Pada kesempatan tersebut Dr. Ahmad Yani, menjelaskan beberapa inovasi yang terus dilakukan oleh Disarpusda Kota Bekasi, diantaranya membudayakan gerakan membaca melalui kegiatan pelayanan Perpustakaan Keliling,  penyediaan Perpustakaan di kecamatan maupun kelurahan, dan mengupayakan pengembangan kotak literasi cerdas (Kolecer) di beberapa lokasi strategis.

Perpustakaan keliling merupakan kegiatan rutin Disarpusda menggunakan dua unit mobil pusling dan satu unit motor baca sebagai sarana mengajak masyarakat untuk gemar membaca.

“Kami pun juga terus untuk mensuplai buku-buku terbaru ke beberapa Perpustakaan kelurahan dan kecamatan, biasanya ada petugas yang mengelola buku tersebut,” ujarnya.

Selain itu, Disarpusda juga telah  mengembangkan Kolecer (Kotak Literasi Cerdas) di tempat umum dan untuk pelayanan perijinan disiapkan juga taman pojok baca bagi masyarakat yang sedang menunggu.

Bergantian, pada acara yang sama, Pejabat Fungsional Disarpusda, Drs. Dalfi Handri, M.Si menyampaikan paparan tentang sejarah terbentuknya Disarpusda yang baru terbentuk tahun 2020 merupakan gabungan dari Dinas Arsip dan Dinas Perpustakaan.

Usai paparan, Dalfi menceritakan rencana mempersiapkan aplikasi Sijambul berupa sistem peminjaman buku Online yang sedang digagas oleh Disarpusda.

“Saat ini sedang dibahas mengenai sistem apa yang digunakan dan siapa yang bertugas mengelola,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif, foto bersama, dan tukar menukar cinderamata antara Pemerintah Kota Bekasi dengan DPRD Kabupaten Batang.(Andri)

3 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments