Grand Launching IKOPIN University, Menkop Targetkan Sejuta Enterpreneur Baru di Tahun 2024

Hallonusantara.com ||SUMEDANG, JABAR-Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, hadiri acara grand Launching IKOPIN University, di Jatinangor – Sumedang, Selasa (12/07/2022).

Dalam rangka Peningkatan Ekonomi Nasional ( PEN ) pasca-pandemi, Menkop melakukan kegiatan keliling kampus bekerjasama dengan inkubator bisnis kampus untuk mencetak enterpreneur guna meningkatkan kewirausahaan di Indonesia.

Dikatakan Menkop, bahwa pihaknya ditargetkan oleh Presiden RI Joko Widodo untuk meningkatkan kewirausahaan dari 3,18% menjadi 4% di akhir tahun 2024.

“Kita baru diangka 3,18%, sementara untuk menjadi negara maju minimal kita harus di angka 4%. Saya ditargetkan pak Jokowi untuk menambah sejuta wirausaha mapan baru dalam dua tahun kedepan,” kata Teten, saat grand Launching IKOPIN University, di Jatinangor.

Menurut Menkop dan UKM, setiap sarjana baru yang lulus jika dirata-ratakan sekitar 5% pertumbuhan, sedangkan lapangan kerja yang tersedia sekitar 3,5%, maka sisanya yang 1,5% tidak terserap.

“Oleh karena itu, kampus sekarang harus merubah kurikulumnya bukan lagi mencetak sarjana menjadi pegawai negeri atau swasta, tetapi mencetak enterpreneur,” ujar Teten.

“Bukan pencari kerja, tetapi pencipta lapangan kerja,” tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan Teten, bahwa penyerapan tenaga kerja di Indonesia  sekitar 97% diserap melalui UMKM sektor mikro. Bank dunia pun mengingatkan supaya Indonesia menyiapkan lapangan yang berkualitas. Untuk itu, diharuskan untuk mengembangkan wirausaha baru guna membangun kekuatan ekonomi sendiri, dengan menumbuhkan keunggulan domestik.

“Untuk menciptakan lapangan kerja yang berkualitas, kita empowering UMKM supaya naik kelas. Nanti koperasi yang akan mengkonsolidasi usaha mikro, supaya masuk dalam skala ekonomi dengan menerapkan teknologi produksi yang modern,” pungkasnya.¬† ( Agus HD )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *